Selasa, 19/03/2024 11:00 WIB WIB

FOUNDING FATHER INDONESIA YANG TERLUPAKAN

FOUNDING FATHER INDONESIA YANG TERLUPAKAN Tan Malaka.


LIDER.ID

Indonesia memiliki sejarah pembangunan yang panjang. Salah satu era sejarah yang sangat menonjol dalam membentuk Indonesia yang kita kenal dan cintai saat ini adalah era Revolusi dimana Indonesia mencapai kemerdekaannya sebagai penutup.

Artinya, Indonesia memiliki banyak pahlawan nasional dan juga founding fathers yang berperan penting bagi kemerdekaan negara. Namun demikian, ketika ditanya tentang pahlawan nasional atau founding fathers, sebagian besar dari kita mungkin akan menjawab Soekarno dan Mohammad Hatta.

Tapi pernahkah kamu mendengar bapak pendiri yang satu ini jarang disebut dalam buku sejarah Indonesia kita? Orang yang di maksud adalah Tan Malaka.

Tan Malaka lahir dengan nama Sutan Ibrahim pada 2 Juni 1987 di Sumatera Barat, Indonesia. Namanya Tan Malaka yang kita kenal diambil dari gelarnya Datuk Tan Malaka yang diberikan kepadanya dalam upacara adat pada usia 16 tahun.

Tan Malaka dibesarkan dalam keluarga istimewa dan memiliki garis keturunan bangsawan yang diturunkan turun dari ibunya. Meski begitu, Tan Malaka tidak pernah bersikap seolah-olah dirinya lebih baik dari orang lain. Sebaliknya, dia mengkritik banyak pemuda terpelajar saat itu.

Dalam salah satu bukunya yang paling terkenal Madilog (Materialisme, Dialektika, dan Logika), ia mengatakan bahwa jika para pemuda yang terdidik menjunjung tinggi dirinya dan memandang rendah orang-orang yang hidup sederhana dengan mimpi-mimpi sederhana, maka sebaiknya bahwa pendidikan tidak pernah diberikan sama sekali.

Tan Malaka adalah salah satu bapak pendiri revolusi Indonesia. Ia juga diberi julukan “Bapak Republik Indonesia”. Julukan ini diberikan kepadanya karena ia adalah orang pertama yang mengemukakan konsep Indonesia sebagai negara yang tertuang dalam bukunya Naar de Republiek Indonesia pada tahun 1924.

Konsep Indonesia sebagai negara yang dibuat Tan Malaka mendahului konsep yang dibuat oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Upaya Tan Malaka untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sangat besar. Dia memimpin pemogokan buruh serta partai untuk melawan Belanda selama tahun-tahun kolonial. Tan Malaka adalah pahlawan revolusi yang sangat menentang imperialisme dan kolonialisme.

Namun, sangat disayangkan jasa Tan Malaka jarang disebut-sebut dalam buku sejarah Indonesia kita. Pasalnya, Tan Malaka adalah pahlawan nasional sayap kiri yang berafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia. Di era Orde Baru, apapun yang dianggap sebagai politik sayap kiri dilarang keras.

Meski begitu, kita tidak boleh melupakan semua jasa yang telah dilakukan para pahlawan masa lalu untuk negara. BH

Topik : Tan Malaka.

Artikel Terkait
Terpopuler