Jum'at, 29/03/2024 19:20 WIB WIB

INDONESIA HADAPI KETIDAKPASTIAN MENJELANG PEMILU 2024

INDONESIA HADAPI KETIDAKPASTIAN MENJELANG PEMILU 2024 PEMILU


lider.id  Menyusul jatuhnya Suharto (1966-1998) di tengah krisis keuangan Asia, Indonesia mampu mengkonsolidasikan sistem demokrasinya setelah beberapa tahun mengalami ketidakstabilan, dan tetap menjadi salah satu “negara demokrasi” terbesar di dunia.

Namun, ada kemunduran di sepanjang jalan, termasuk langkah-langkah pemerintah yang kontroversial yang bisa dibilang membatasi kebebasan berbicara dan memusatkan kekuasaan dan kekuatan politik, di samping rekam jejak yang buruk dalam memberantas korupsi.

Skor Indonesia dalam Indeks Risiko Politik Jangka Pendek telah mengalami penurunan yang tajam selama dekade terakhir, memunculkan rasa frustrasi publik terhadap masalah ini

Masalah ini akan menimbulkan keprihatinan publik tentang institusi demokrasi Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Sentralisasi kekuasaan bisa saja menguntungkan secara ekonomi, jika digunakan untuk mendorong reformasi besar yang menguntungkan rakyat.

Indonesia akan bergantung pada siapa yang dipilih rakyat Indonesia sebagai presiden berikutnya untuk menggantikan Joko Widodo (Jokowi), yang selesai menjalani masa jabatan maksimal dua periode. Kandidat paling menonjol adalah petahana Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Kualitas dan kekuatan lembaga demokrasi Indonesia terancam melemah dalam beberapa tahun mendatang dikarenakan pembatasan yang lebih ketat pada kebebasan berbicara.

Sehubungan dengan itu, perkembangan terbesar baru-baru ini adalah pengesahan KUHP baru pada Desember 2022, yang mencakup aturan pencemaran nama baik dan penyebaran informasi yang salah.

Para pengkritik undang-undang baru ini khawatir akan disalahgunakan untuk menekan perbedaan pendapat – sesuatu yang saat ini sudah sering terjadi. Ada juga preseden baru-baru ini yang menunjukkan bahwa pihak berwenang memiliki toleransi terbatas terhadap perbedaan pendapat. Misalnya, di bawah Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), jurnalis, aktivis hak asasi manusia, dan individu lainnya sebelumnya telah dikenakan tindakan hukum.

Pada akhir 2021, jurnalis Muhammad Asrul dijatuhi hukuman tiga bulan penjara karena menuduh tiga pejabat daerah terlibat penggelapan terkait proyek konstruksi. Secara lebih luas, menurut Amnesty International, ada laporan setidaknya 53 kasus serangan fisik, digital, dan lainnya terhadap lebih dari 63 jurnalis atau lembaga media pada tahun 2022. Pada bulan Maret tahun itu, kejaksaan juga secara resmi mendakwa dua aktivis hak asasi manusia dengan pencemaran nama baik di bawah UU ITE, atas tuduhan menyebarkan “informasi bohong” di media sosial.

Selain itu, pasal penodaan agama yang direvisi dalam KUHP yang baru dapat memicu ketegangan sosial, karena pasal tersebut menambah jumlah pasalnya dari satu menjadi enam. Misalnya, satu pasal melarang meninggalkan suatu agama atau kepercayaan. Siapa pun yang kedapatan berusaha meyakinkan seseorang untuk meninggalkan suatu agama atau kepercayaan juga dapat dituntut dan dipenjara.

Pihak berwenang sebelumnya juga telah bertindak berdasarkan hukum agama. Pembatasan lebih lanjut atas kebebasan sosial tidak mungkin diterima dengan baik oleh publik, yang menjadi pertanda buruk bagi stabilitas sosial.

Rancangan KUHP versi sebelumnya sebenarnya sudah diajukan pada 2019. Namun pengesahannya tertunda karena protes besar-besaran. Penerapan kode etik terbaru juga menimbulkan ketidakpuasan sosial. Tak lama setelah KUHP baru disahkan, aksi unjuk rasa dilaporkan diadakan di seluruh Indonesia untuk menentangnya.

Risiko politik akan tetap tinggi juga sebagian karena korupsi di Indonesia dianggap merajalela. Saat ini, Indonesia berada di peringkat 110 dari 180 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi Transparency International untuk tahun 2022, turun dari peringkat 96 pada tahun sebelumnya.

Skandal pajak di Kementerian Keuangan belakangan ini akan memperburuk persepsi tersebut. Pada bulan Maret, pengawas keuangan Indonesia mengumumkan bahwa mereka telah mengidentifikasi transaksi mencurigakan senilai USD20 miliar yang telah dilakukan sejak 2009.

Hal ini dengan cepat mendapat reaksi publik, terutama dengan orang-orang yang menuntut pengunduran diri Menteri Keuangan Sri Mulyani di media sosial. Meskipun demikian, para pembuat kebijakan di Indonesia juga telah menunjukkan keinginan untuk menggunakan kekuatan politik mereka untuk mendorong reformasi yang kontroversial namun katanya signifikan secara ekonomi.

Keputusan pada September 2022 untuk menaikkan harga bahan bakar dalam negeri telah membawa perbaikan material pada posisi fiskal. Perkiraan awal yang diterbitkan pada Januari 2023 menunjukkan bahwa defisit anggaran pemerintah menyempit tajam dari 4,6% dari PDB pada tahun 2021 menjadi 2,4% pada tahun 2022, membawa kekurangan tersebut kembali di bawah batas resmi 3,0% lebih cepat dari jadwal.

Sementara itu, pada 21 Maret, parlemen Indonesia mengesahkan Perppu reformasi darurat tentang pekerjaan dan investasi. Undang-undang baru tersebut katanya akan membantu merampingkan prosedur bisnis dan harus mengarah pada peningkatan efisiensi dalam perekonomian. Pengesahan undang-undang yang kontroversial secara politik itu sendiri juga merupakan tanda positif tentang meningkatnya keinginan pemerintah untuk tidak melakukan reformasi ekonomi.

Raktyat Indonesia akan bergantung pada siapa yang akan memenangkan pemilihan presiden berikutnya dan apakah mereka dapat membentuk koalisi yang dapat memerintah secara efektif.

Tiga calon terdepan dalam jajak pendapat terbanyak adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Di beberapa jajak pendapat yang dilakukan pada akhir April dan awal Mei, peringkat persetujuan rata-rata mereka masing-masing mencapai 33,7%, 34,7%, dan 22,8%. Baik Prabowo maupun Pranowo juga sebelumnya mendapat dukungan publik dari Jokowi.

Proteksionisme dan kebijakan non-sekuler mungkin menjadi lebih menonjol di Indonesia di bawah pemerintahan yang dipimpin Prabowo. Prabowo sebelumnya menganjurkan `kemandirian` ekonomi, dan `kebijakan luar negeri yang lebih Islami`.

Sementara itu, Ganjar adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), partai yang saat ini memimpin koalisi penguasa Indonesia. Pada bulan April, PDI-P menominasikan Ganjar sebagai calonnya pada pemilu 2024. Menurut analis, pembuatan kebijakan di bawah Ganjar tidak akan banyak berbeda dari status quo yang berlaku. Pada tahapan ini, masih terlalu dini untuk memprediksi siapa pemenang pemilu Februari 2024, mengingat hal tersebut akan bergantung pada kondisi ekonomi yang ada dan komposisi koalisi pendukung masing-masing kandidat. BH

 

Topik : INDONESIA HADAPI KETIDAKPASTIAN MENJELANG PEMILU 2024

Artikel Terkait
Terpopuler