Minggu, 11/04/2021 14:24 WIB WIB

Laku, Beeple Jual Karya Seni Digital Rp 980 Miliar, Berawal Dari Kolase 5 Ribu Foto

Laku, Beeple Jual Karya Seni Digital Rp 980 Miliar, Berawal Dari Kolase 5 Ribu Foto Foto : beeple


Sebuah karya seni digital terjual dengan harga US$ 70 juta atau sekitar Rp 980 miliar (kurs Rp 14.000) di rumah lelang Christie, Kamis lalu. Ini adalah penjualan pertama rumah lelang besar untuk karya seni yang tidak dalam bentuk fisik.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (12/3/2021), karya dengan nama `Everydays - The First 5000 Days` adalah karya digital oleh seniman Amerika Mike Winkelmann atau yang dikenal dengan Beeple. Karya tersebut berupa kolase dari 5.000 gambar individu yang dibuat satu per hari selama lebih dari tiga belas tahun.

Penjualan karya itu seharga US$ 69.346.250 menempatkan Beeple di tiga besar artis paling berharga yang masih hidup. Hal itu diungkap Christie dalam sebuah cuitannya.

Karya dalam bentuk aset digital jenis baru Non Fungible Token (NFT). Artinya, diautentikasi atau pembuktian oleh blockchain yang mengesahkan keaslian dan kepemilikannya.

Pasar NFT telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir karena para peminat dan investor menggunakan tabungan cadangan untuk membeli barang-barang yang ada secara online.

Bulan lalu, klip video 10 detik yang menampilkan gambar Donald Trump yang jatuh, yang juga oleh Beeple, dijual seharga US$ 6,6 juta di pasar NFT bernama Nifty Gateway.

"Tanpa NFT, secara sah tidak ada cara untuk mengumpulkan seni digital," kata Beeple.

Topik : beeple , seniman , amerika , kolase foto , karya ,

Artikel Terkait
Terpopuler