Kamis, 25/04/2024 23:34 WIB WIB

Kabupaten Bogor Gelar Festival Berhadiah Rp 1,5 Miliar

Kabupaten Bogor Gelar Festival Berhadiah Rp 1,5 Miliar


Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar Festival Wisata Desa untuk mengembangkan potensi pariwisata berbasis pedesaan. Kegiatan itu bisa diikuti oleh desa-desa yang memiliki potensi wisata desa di wilayahnya.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan agenda itu bertujuan untuk memperkuat sport and tourism yang bertujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata berbasis pedesaan. "Desa yang terpilih menjadi pemenang akan menjadi percontohan bagi desa-desa lain serta menerima hadiah dana bantuan untuk pengembangan wisata di wilayahnya," kata dia, Rabu, 16 Juni 2021.

Tersedia hadiah dengan total Rp 1,5 miliar untuk festival tersebut. Peserta bisa mengikuti agenda itu dengan mengunggah video berisi potensi wisata, baik yang sudah dikelola maupun yang belum terjamah oleh masyarakat.

Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar mengatakan Festival Wisata Desa ditujukan untuk mengembangkan potensi wisata pedesaan yang saat ini belum dimaksimalkan. "Kita harus lebih meningkatkan potensi ini tanpa merusak alam. Kalau desa wisata ini tidak merusak alam, hanya ditata dan dikelola saja," kata dia.

Menurut Saepudin, dari ratusan desa di Kabupaten Bogor yang memiliki potensi wisata desa, 35 desa diantaranya kini sudah berstatus desa wisata. Salah satunya adalah Desa Tugu Selatan yang bulan lalu didatangi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

 

Topik : wisata desa , kabupaten bogor , festival

Artikel Terkait
Terpopuler