Jum'at, 29/03/2024 19:26 WIB WIB

Jalan Malioboro Dipasang Bendera Putih, Ada Apa ?

Jalan Malioboro Dipasang Bendera Putih, Ada Apa ? Foto : tribun


Pemasangan bendera putih di sepanjang Jalan Malioboro hanya bertahan satu jam. Bendera dipasang sebagai isyarat menyerah dari pelaku ekonomi di Malioboro menghadapi krisis COVID-19.

Pemasangan dilakukan mulai pukul 09.00, sebelum rombongan ketua paguyuban PKL berjumlah enam orang audiensi ke Kantor Gubernur, di Kompleks Kepatihan, Kemantren Danurejan.

Selang sekitar satu jam kemudian, datang rombongan Satpol PP Kota Yogyakarta yang mencabut bendera putih di sepanjang Malioboro. Rombongan Satpol yang membawa dua mobil tersebut berjalan dari ujung utara Malioboro sampai ke selatan.

 
 

Presidium Malioboro Sujarwo dikonfirmasi pencopotan tersebut, mengaku tidak memasalahkan. Sebab, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Yogyakarta.

"Tidak apa-apa, tadi sudah berkoordinasi. Yang penting aspirasisudah tersampaikan" katanya dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (30/7/2021).

Ia menjelaskan, pemasangan itu berhubungan dengan suasana berkabung yang dialami PKL karena pelaksanaan perpanjangan PPKM jilid 2. Pelaksanaan PPKM ini jauh dari harapan. Seperti, pengunjung di kawasan Malioboro yang masih sepi karena akses pengunjung ke Malioboro yang masih tersumbat di beberapa titik.

"Apalagi, nasib menyedihkan yang dialami Pedagang Lesehan dan kuliner malam, yang kurang mendapat tempat dalam kebijakan PPKM jilid 2 ini. Meskipun bukan hal yang mengejutkan, sebab teman-teman lesehan dan kuliner malam, sejak PSBB di tahun 2020 sampai PPKM di tahun 2021,
tetap tidak diakomodir dalam kebijakan yang memberi toleransi dan relaksasi bagi PKL," kata Sujarwo, sebelum beraudiensi di Kepatihan, Jumat (30/7/2021).

Ia mengungkapkan, mereka ingin menanyakan bantuan dari Pemda DIY. Sebab, sembilan paguyuban PKL di Malioboro belum memiliki badan hukum koperasi seperti yang disyaratkan Pemda DIY.

Saat audiensi, mereka diterima Asisten Sekretaris Daerah (III) Sumadi menyampaikan, akan segera menindaklanjuti permintaan PKL Malioboro.

"Jadi kami di Pemda DIY kan sebenarnya sudah menyiapkan beberapa skema, berkaitan dengan bantuan khususnya teman-teman yang ada di PKL Malioboro. Kami akan sampaikan kepada pimpinan seperti apa karena nanti ada kebijakan khusus berkaitan dengan itu dan kita sampaikan, karena kebijakan pada beliau," katanya.

 

Topik :

Artikel Terkait
Terpopuler