Jum'at, 29/03/2024 03:44 WIB WIB

China Uji Coba Rudal Hipersonik, Amerika Ketar-ketir

China Uji Coba Rudal Hipersonik, Amerika Ketar-ketir Foto : Google


China menguji rudal hipersonik berkemampuan nuklir pada Agustus lalu. Kemampuan China itu mengejutkan intelijen AS menurut laporan Financial Times.

Militer China meluncurkan roket pembawa kendaraan luncur hipersonik yang terbang melalui ruang orbit rendah. Rudal hipersonik itu terbang mengelilingi dunia sebelum meluncur menuju sasarannya, yang meleset sekitar dua lusin mil.

"Tes tersebut menunjukkan bahwa China telah membuat kemajuan yang mencengangkan dalam hal senjata hipersonik, jauh lebih maju dibandingkan yang disadari para pejabat AS," kata laporan itu.

Kementerian pertahanan China tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters kemarin.

Selain China, Amerika Serikat dan Rusia juga mengembangkan rudal hipersonik. Bulan lalu Korea Utara mengatakan telah melakukan uji coba rudal hipersonik yang baru dikembangkan.

Pada 2019, China memamerkan persenjataan canggih termasuk rudal hipersoniknya yang dikenal sebagai DF-17. Rudal balistik terbang ke luar angkasa sebelum kembali pada lintasan curam dengan kecepatan lebih tinggi.

Sementara senjata hipersonik sulit dipertahankan karena terbang menuju target di ketinggian yang lebih rendah. Namun senjata ini bisa mencapai lebih dari lima kali kecepatan suara atau sekitar 6.200kmh (3.850 mph) sehingga sulit dilacak.

Topik :

Artikel Terkait
Terpopuler