Minggu, 26/06/2022 08:44 WIB WIB

Pemerintah PM Naftali Bennett Runtuh

Pemerintah PM Naftali Bennett Runtuh PM Naftali Bennett berbicara di rapat kabinet di Jerusalem 19/06/2022. Foto Abir Sultan


Lider.id : Koalisi pemerintahan Israel  sepakat memilih alternatif membubarkan Parlemen sebelum akhir bulan, dengan demikian, kata kantor perdana menteri, akan membawa negara Yahudi itu ke pemilihan kelima dalam tiga tahun.

The New York Times briefing melaporkan keruntuhan pemerintahan Perdana Menteri Naftali Bennett menyusul kelumpuhan selama berminggu-minggu yang disebabkan oleh pembelotan dua anggota parlemen sayap kanan dan seringnya pemberontakan oleh tiga orang lainnya — membuat koalisi Naftali Bennett tidak lagi menjadi mayoritas di Parlemen. Dampaknya, garis kehidupan politik pemerintah Israel ke Benjamin Netanyahu, mantan perdana menteri yang meninggalkan kantor Juni lalu dan partai Likud yang saat ini memimpin dalam jajak pendapat.

Pemilihan, yang diperkirakan akan diadakan pada musim gugur terjadi menyusul ketegangan yang terjadi  setelah meningkatnya serangan Palestina terhadap Israel dan eskalasi membayangi perang antara Israel dan Iran.

Perjanjian koalisi saat ini mensyaratkan bahwa Yair Lapid, menteri luar negeri dan mantan penyiar tokoh garis tengah, akan mengambil alih sebagai perdana menteri sementara jika pembelotan sayap kanan mendorong pemilihan awal. Jika kesepakatan itu dipatuhi, Lapid akan memimpin pemerintahan setidaknya selama beberapa bulan. (fn)

Topik : pm israel runtuh

Artikel Terkait
Terpopuler