Selasa, 09/08/2022 07:43 WIB WIB

Individu DPD Bisa Menjadi Role Model Wakil Rakyat

Individu DPD Bisa Menjadi Role Model Wakil Rakyat Foto lider : Teras Narang di Studio Indonesia satu channel Jakarta, 29/6/2022


Lider.id - Ditengah kritik tajam bahwa peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) bak antara ada dan tiada, Dr. Agustin Teras Narang justru berpendapat bahwa setiap anggota DPD harus membuktikan bahwa individu  DPD lebih berbobot dari institusi-instusi yang lain.

“ Ya… pendapat seperti itu tentu berhubungan dengan kewenangan yang ada pada DPD, tetapi menurut saya justru ditengah keterbatasan itulah setiap anggota DPD harus menjadi orang yang dapat dipercaya oleh rakyat yang telah memilih mereka,” tandasnya.

Menjadi gubernur dua periode di era presiden Soesilo Bambang Yudhoyono atau SBY, ia terkenal dekat dengan rakyatnya di Kalimantan Tengah dan memperjuangkan kepentingan rakyat disana, bahkan ketika ia harus berseberangan dengan pemerintah pusat.

“ Itu terjadi pada waktu pusat berencana membangun rel kereta Trans Kalimantan tanpa melalui Kalimantan Tengah. Saya bilang kalau jalur kereta itu tidak melalui Kalimantan Tengah, saya mundur jadi gubernur. Itu karena saya membela kepentingan rakyat saya,” tegasnya.

 “ Juga, saya  akan segera menghampiri orang-orang yang berdemo dan tanyakan langsung apa yang mereka protes dan mengharapkan saya untuk berbuat apa,” sambungnya.

Berbicara pada diskusi pemimpin lintas generasi di Indonesia satu channel, 29/06/2022, Teras Narang mengungkapkan sikapnya sebagai pemimpin kalimantan tengah pernah menolak kebijakan pemerintah pusat yang tidak sesuai dengan kepentingan daerah. Sikap membela rakyat yang sudah memberikan suara mereka itulah yang ia harapkan ditunjukkan oleh masing-masing anggota DPD karena mereka dipilih langsung oleh rakyat di daerah mereka. Adalah sebuah pengkhianatan untuk tidak melakukannya.

Meski terkendala karena wabah covid 19, Teras mengatakan dengan kemudahan teknologi ia terus memantau perkembangan dan permasalahan yang terjadi di daerah Kalimantan Tengah, utamanya bagaimana menyiapkan masyarakat  untuk menyambut era digitalisasi yang diprakarsai oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Sebagai putra asli Kalimantan, ia juga memberkan masukan terkait pembangunan Ibu Kota Negara dan mengharapkan agar Indonesia mempunyai grand deisgn hingga 100 tahun Indonesia di 2045 “ sehingga ada kesinambungan menuju kemajuan dan tidak jalan ditempat atau malah mundur.” (AR)

*** selengkapnya dapat di saksikan melalui saluran yutub  - indonesiasatu channel

Topik : peran anggota DPD [erlu dimaksimalkan

Artikel Terkait
Terpopuler