Kamis, 25/04/2024 17:54 WIB WIB

Latihan Militer China di Perairan Taiwan tidak menghalangi Manuver Taipei

Latihan Militer China di Perairan Taiwan tidak menghalangi Manuver Taipei latihan mili china


Lider.id : Fakta bahwa tekanan China terhadap Taiwan melalui latihan militer malah memperkuat keyakinan negeri pulau yang memiliki pemerintahan sendiri akan nilai manuver diplomatik, ekonomi, dan militernya untuk mengintai jalan tengah dalam pertikaian kekuatan besar antara Beijing dan Washington.

Morning Briefing New York Times melaporkan bahwa di bawah presiden Tsai Ing-wen, para pejabat Taiwan diam-diam mendekati AS, membuat keuntungan dengan penjualan senjata dan janji dukungan. Mereka juga telah mengubah gertakan China menjadi kesadaran internasional yang berkembang tentang penderitaan pulau itu.

Tetapi Taiwan telah menahan diri untuk tidak memamerkan keberhasilan itu dalam upaya untuk menghindari ledakan dari China. Ketika Beijing baru-baru ini mengirim lusinan pejuang melintasi perairan yang memisahkan China dan Taiwan, militer Taiwan mengatakan tidak akan meningkat dan mengambil tindakan balasan yang relatif lunak. Para pejabat memberikan pernyataan yang sadar dan menyambut dukungan dari negara-negara G7.

Para pejabat Amerika telah mempertimbangkan untuk menimbun senjata di Taiwan karena khawatir akan sulit untuk memasok pulau itu jika terjadi blokade militer China.

Topik : latihan militer china tidak menghalangi manuver Taiwan

Artikel Terkait
Terpopuler