Rabu, 08/02/2023 11:37 WIB WIB

India Mencoba Mengakhiri Perang Rusia Vs Ukraina

India Mencoba Mengakhiri Perang Rusia Vs Ukraina


Lider : Jakarta - India sedang mencoba untuk mengambil peran yang lebih berotot dalam geopolitik. Negara ini telah memelihara hubungan baik dengan Rusia dan Barat dan memainkan peran penting dalam menyelesaikan blokade biji-bijian dan berupaya meminta Rusia untuk berhenti menembaki pembangkit nuklir Zaporizhzhia Ukraina.

Morning briefing  The New York Times melaporkan, kini, para diplomat dan pakar kebijakan luar negeri bertanya-tanya apakah India dapat menggunakan pengaruh uniknya untuk menengahi perdamaian. Menteri luar negeri negara itu melakukan perjalanan ke Moskow untuk pertemuan dengan pejabat Rusia tentang masalah ekonomi dan politik minggu ini. Tetapi Ukraina dan Rusia belum mau berbicara.

Meningkatnya ketegangan sedang menguji tindakan tegas India. Negara itu terus membeli minyak Rusia, membuat marah Ukraina dan Barat, dan telah menolak untuk mendukung resolusi PBB yang mengutuk Rusia. Namun, pada pertemuan puncak bulan September, Perdana Menteri India Narendra Modi, mengatakan kepada Vladimir Putin bahwa “era saat ini bukanlah perang.” Bagi India, kesepakatan damai sangat penting karena dapat membawa India lebih dekat ke hadiah yang telah lama dicari yaitu, kursi permanen di Dewan Keamanan PBB. fn

Topik : India berupaya mengakiri perang Rusia vs Ukraina

Artikel Terkait
Terpopuler