Kamis, 06/10/2022 08:52 WIB WIB

Presiden Jokowi Kembali Mengingatkan Wacana 3 Periode

Presiden Jokowi Kembali Mengingatkan Wacana 3 Periode Jokowi di depan relawan projo Bandung 28/08/2022


Lider.id -Jakarta - Dalam sambutannya di depan puluhan ribu massa Musyawarah Rakyat atau Musra Relawan Jokowi menuai beragam spekulasi, ketika Jokowi kembali menyinggung wacana masa jabatan tiga periode. 

Acara yang di gelar di GOR Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Ahad, 28 Agustus 2022, Jokowi mengatakan bahwa Musra adalah forum rakyat yang mendengarkan aspirasi rakyat. Termasuk aspirasi rakyat soal masa jabatan tiga periode, ujar Jokowi, boleh-boleh saja disuarakan.

"Ini forumnya rakyat, boleh rakyat bersuara kan? Jangan sampai ada yang baru ngomong tiga periode sudah ramai. Itu kan tataran wacana, kan boleh saja orang menyatakan pendapat," ujar Jokowi. 

Namun jika wacana tersebut dikembalikan kepadanya, Jokowi mengaku tetap taat konstitusi yang membatasi masa jabatan presiden.

"Konstitusi tidak memperbolehkan ya. Sudah jelas itu. Sekali lagi, saya akan selalu taat pada konstitusi dan kehendak rakyat. Saya ulangi, saya akan taat konstitusi dan kehendak rakyat," ujar Jokowi. 

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai pernyataan Jokowi itu bermakna ganda. Di satu sisi taat konstitusi, tetapi di lain sisi membiarkan wacana Jokowi tiga periode bergulir. 

"Kalimatnya itu bersayap, bias. Jokowi ini seperti malu-malu tapi mau. Diam-diam mungkin dia menikmati wacana tiga periode itu," ujar Ujang Komarudin, Senin, 29 Agustus 2022.

Ujang mengingatkan, MPR/DPR dan rakyat sudah jelas menolak wacana tersebut dan tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan. Jokowi diingatkan untuk lurus mengikuti keputusan yang telah ditetapkan. Apabila wakil rakyat mendukung dan terjadi amandemen konstitusi terkait masa jabatan presiden maka wacana tiga periode bisa berubah jadi kenyataan.

Premerhati sosial, Guntur Soekarnoputra  mengatakan wacana tiga periode kembali ke Jokowi " tanya pak Jokowi bersedia di calonkan kembali atau tidak," tanya putra sulung mendiang Presiden Pertama RI Soekarno dalam suatu diskusi di podcast Indonesia Satu Channel 12/8/2022 di Jakarta

 

 
Topik : Jokowi dan wacana tiga periode

Artikel Terkait
Terpopuler