Jum'at, 29/03/2024 13:04 WIB WIB

BAGAIMANA RESTORAN MENDAPATKAN BINTANG MICHELIN: SEJARAH SINGKAT PANDUAN MICHELIN

BAGAIMANA RESTORAN MENDAPATKAN BINTANG MICHELIN: SEJARAH SINGKAT PANDUAN MICHELIN MICHELIN


 

Asal Usul Panduan Michelin yang Tak Terduga


LIDER-JAKARTA Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana restoran mendapatkan Bintang Michelin? Atau bagaimana sistem peringkat Bintang Michelin muncul?
Asal-usul Panduan Michelin menelusuri kembali ke pergantian abad ke-20 dan terinspirasi oleh pergantian peristiwa mengejutkan yang tidak ada hubungannya dengan masakan.


Menariknya, penemuan peringkat Bintang Michelin bertepatan dengan penemuan mobil. Panduan Michelin pertama disusun pada tahun 1900 oleh pendiri Ban Michelin dan saudara industrialis Prancis Andre dan Edouard Michelin. Tujuan dari panduan ini adalah untuk menciptakan permintaan akan mobil, dan karenanya, ban Michelin.


Panduan Michelin pertama dicetak sebanyak 35.000 eksemplar dan menyertakan peta, beserta instruksi tentang cara memperbaiki dan mengganti ban. Itu juga termasuk daftar restoran, hotel, mekanik, dan pom bensin di sepanjang rute populer di Prancis.
Karena hanya ada beberapa ratus mobil di seluruh Prancis, pemandu diberikan secara gratis dengan harapan dapat menciptakan permintaan akan mobil.


Dalam dekade pertama keberadaannya, Panduan Michelin berkembang pesat dan tersedia di seluruh Eropa, serta Afrika Utara. Meskipun panduan tersebut berisi informasi berharga tentang restoran, tujuan akhir Michelin bersaudara adalah menghasilkan penjualan dan keuntungan untuk bisnis ban mereka.


Panduan Beradaptasi Pada Dua Perang Dunia


Pecahnya Perang Dunia I pada tahun 1914 untuk sementara menghentikan produksi panduan ini, tetapi pada tahun 1920 produksi kembali ke jalur semula. Pada titik ini, saudara-saudara Michelin memutuskan untuk meningkatkan kualitas panduan, menghilangkan iklan, dan mulai menagih uang untuk itu.
Peringkat Bintang Michelin pertama diberikan pada tahun 1926. Restoran, yang semuanya berada di Prancis, dianugerahi satu bintang jika dianggap sebagai "tempat makan mewah". Pada tahun 1931, sistem peringkat diperluas menjadi peringkat bintang tiga Michelin yang berlanjut hingga hari ini.Tidak seperti kebanyakan sistem peringkat bintang, satu bintang bukanlah hal yang buruk. Sejumlah Bintang Michelin yang diberikan kepada sebuah restoran menandakan suatu kehormatan besar dan pencapaian yang langka.


Panduan tersebut berhenti selama Perang Dunia II, dan baru dilanjutkan pada akhir 1940 karena berisi peta yang berguna bagi Pasukan Sekutu.
Namun, peringkat Bintang Michelin dikurangi menjadi sistem bintang dua selama ini karena kekurangan pangan. Maklum, kualitas menurun di restoran di seluruh Eropa, sehingga tolok ukur disesuaikan.

Pada tahun 1955, Michelin membuat sistem peringkat yang mengakui restoran yang menyajikan makanan berkualitas tinggi dengan harga sedang, yang disebut Bib Gourmand. Sistem ini menyoroti peluang bersantap yang lebih mencerminkan standar ekonomi. Karena peringkat disesuaikan menurut wilayah dan negara berdasarkan biaya hidup, Bib Gourmand memberi pengunjung kesempatan untuk makan enak tanpa menguras kantong.

 

Panduan Michelin di Abad ke-21

 


Peringkat Bintang Michelin tidak berlaku di Amerika Serikat hingga tahun 2005, dan dimulai dengan hanya berkonsentrasi pada santapan lezat di New York City. Hari ini, Panduan Michelin mengulas restoran di kota-kota AS tertentu termasuk Chicago, Kota New York, Los Angeles, Las Vegas, dan San Francisco. Jika salah satu tujuan Anda sebagai calon koki adalah bekerja di restoran Bintang Michelin, Anda mungkin ingin fokus pada kota-kota ini setelah lulus.

Panduan ini sekarang mencakup 37 negara di seluruh Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

 

 

Bagaimana Sebuah Restoran Mendapatkan Bintang Michelin?


Pertama, tim Pemandu Michelin akan memilih sejumlah restoran di lokasi tertentu untuk diperiksa oleh pengulas anonim. Setelah inspektur mengunjungi restoran yang dipilih, mereka menulis laporan komprehensif tentang total pengalaman kuliner, termasuk kualitas dan penyajian hidangan, di antara kriteria penilaian yang diuraikan di bawah ini. Kelompok inspektur Michelin kemudian akan bertemu untuk menganalisis laporan dan mendiskusikan secara mendalam restoran mana yang layak mendapat Bintang Michelin (dua atau tiga bintang).

Unsur-unsur restoran seperti suasana, dekorasi, dan kualitas layanan seharusnya tidak dipertimbangkan dalam laporan, tetapi banyak yang berpikir bahwa pengalaman total akan mempengaruhi para pengulas. BH

 

Topik : PANDUAN MICHELIN

Artikel Terkait
Terpopuler