Rabu, 24/04/2024 00:33 WIB WIB

DPR MENYETUJUI PENAMBAHAN ANGGARAN $1 MILIAR UNTUK MODAL BARU IKN

DPR MENYETUJUI PENAMBAHAN ANGGARAN $1 MILIAR UNTUK MODAL BARU IKN IKN


Lider.id  Said Abdullah, ketua panitia, mengatakan tambahan 15 triliun akan digunakan untuk pembangunan tahun ini, di atas 22 triliun rupiah yang sebelumnya dialokasikan untuk membangun Nusantara di pulau Kalimantan pada 2023.

"Oleh karena itu, pada Juni (2024) presiden bisa tinggal di sana," katanya dalam audiensi dengan para menteri senior pemerintah.

Indonesia mendorong untuk menyelesaikan pada pertengahan 2024 kantor administrasi utama ibu kota, termasuk istana kepresidenan dan gedung-gedung kementerian utama, dengan setidaknya 16.000 pegawai negeri sipil, militer dan polisi akan pindah ke sana tahun depan.

Presiden Joko Widodo telah berjanji bahwa hanya 20% dari total biaya proyek sebesar $32 miliar yang akan berasal dari kantong pemerintah dan sisanya dari sektor swasta.

Namun, tidak ada satu pun kesepakatan investasi yang ditandatangani karena investor mengkhawatirkan kelayakan dan kelangsungan proyek meskipun pemerintah menawarkan insentif. Indonesia akan mengadakan pemilu pada Februari 2024 ketika presiden baru harus dipilih.

Jokowi, menawarkan modal kepada investor global di Singapura dan berjanji kepada audiens bahwa investasi apa pun akan memiliki pengembalian yang tinggi. Jokowi menyelesaikan masa jabatan kedua dan terakhirnya tahun depan. BH

Topik : IKN

Artikel Terkait
Terpopuler