Jum'at, 03/05/2024 08:25 WIB WIB

Tahun 2021 Tren Podcast Semakin Diminati Masyarakat Karena Terbilang Mudah

Tahun 2021 Tren Podcast Semakin Diminati Masyarakat Karena Terbilang Mudah Foto : google


PT MahakaRadio Integra Tbk (MARI) optimis dengan prospek industrisiniar atau podcastdi Tanah Air sepanjang 2021. Presiden Direktur MARI Adrian Syarkawie mengatakan bahwa hal tersebut dibuktikan dari tren 2020 yang mengindikasikan peningkatan pemain dari podcast Indonesia.

"Tren 2020 makin banyak orang tertarik untuk buat konten podcasts karena effort untuk pembuatan [konten]nya bisa dibilang tidak sulit,” ujarnya, Jumat, 1 Januari 2021.

Menurut laporan Nielsen jumlah pendengar podcast bertumbuh lebih dari 3,6 juta. Bersamaan dengan itu, rata-rata jumlah episode yang didengar per minggu meningkat sebesar 10 persen.

Selain itu, mengutip laporan laman podcastinsight.com, terdapat lebih dari 30 juta episode di seluruh dunia dengan lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan, lebih tinggi dari rata-rata global.

Adrian memperkirakan genre komedi dan horor tetap paling diminati oleh pendengar. “Ini membaca dari karakter dan kebiasaan orang Indonesia yang menyukai genre ini. Namun, Noice ke depan akan menambah dan masuk ke kategori lain sehingga pendengar kami bisa makin banyak punya pilihan,” ujarnya.

Moice merupakan aplikasi multiplatform bagi radio digital, musik digital, hingga podcast digital yang dioperasikan oleh PT Mahaka Radio Digital. Adapun, Noice adalah perusahaan yang terbentuk dari kerja sama antara PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) dan PT Quatro Kreasi Indonesia (Quatro).

Topik : podcast , tren , industri kreatif , persaingan ketat , nielsen , podcast indonesia , radio digital , musik

Artikel Terkait
Terpopuler