Sabtu, 20/04/2024 13:10 WIB WIB

TWITTER HANYA BERNILAI 33% DARI HARGA YANG DIBELI ELON MUSK

TWITTER HANYA BERNILAI 33% DARI HARGA YANG DIBELI ELON MUSK ELON MUSK


lider.id Twitter bernilai sekitar sepertiga dari apa yang dibayar miliarder Elon Musk tahun lalu, kata perusahaan jasa keuangan Amerika, Fidelity.

Penilaian keseluruhan itu berasal dari Fidelity, yang memperkirakan bahwa bagiannya hanya bernilai $6,6 juta pada 28 April, pengungkapan bulanan perusahaan menunjukkan – turun dari $19,7 juta Oktober lalu. Pengajuan tersebut tidak menjelaskan mengapa Fidelity secara drastis menurunkan valuasi Twitter, yang sekarang secara teknis disebut X Corp.

Musk membeli perusahaan media sosial akhir tahun lalu seharga $ 44 miliar (setelah gagal mundur dari kesepakatan), dan mengklaim Twitter tidak menghasilkan uang.

Tesla TSLA, +4,06% dan CEO SpaceX mengakui bahwa dia membayar terlalu banyak untuk Twitter Oktober lalu, sambil menambahkan bahwa perusahaan tersebut memiliki "potensi luar biasa".

“Meskipun jelas, saya dan investor lain jelas membayar lebih untuk itu dengan Twitter sekarang,” katanya.

Email Elon Musk yang bocor awal tahun ini juga menyatakan bahwa Twitter bernilai di bawah $20 miliar pada bulan Maret, atau kurang dari setengah dari yang dia bayarkan lima bulan sebelumnya.

Twitter memiliki masalah keuangan besar sejak Musk membeli perusahaan tersebut. Pada tahun 2021, setahun sebelum Musk mengambil alih, 90% pendapatan Twitter berasal dari iklan. Dan pendapatan Twitter yang disesuaikan dan total pendapatan turun sekitar 40% dari tahun ke tahun di bulan Desember, menurut laporan Wall Street Journal.

Musk kemungkinan berharap CEO baru Linda Yaccarino, mantan eksekutif periklanan NBCUniversal, dapat membantu memulihkan beberapa koneksi periklanan perusahaan.

Twitter juga tidak dapat lepas dari kontroversi dalam beberapa bulan terakhir. Musk telah memberhentikan lebih dari 80% tenaga kerja perusahaan, secara tidak akurat menyebut outlet berita sebagai "media negara", dan menghapus lencana verifikasi biru lama.

Musk memilih Twitter Blue, layanan berlangganan yang dibayar kurang dari 1% dari pengguna aktif bulanan per April, menurut Bloomberg. BH

 

Topik : ELON MUSK

Artikel Terkait
Terpopuler