Rabu, 24/04/2024 05:18 WIB WIB

Banjir Bandang dan Longsor NTT : 84 Meninggal, 71 Orang Masih dalam Pencarian

Banjir Bandang dan Longsor NTT : 84 Meninggal, 71 Orang Masih dalam Pencarian Foto : Google


readySejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem sejak Minggu (4/4) dini hari. Catatan terakhir menyebut 84 warga meninggal dunia akibat peristiwa tersebut.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi pada Senin (5/4) malam membenarkan bahwa jumlah itu merupakan data teranyar hasil identifikasi terhadap jenazah korban yang ditemukan di lokasi kejadian.

"Korban jiwa total seluruhnya 84 orang dan dalam pencarian yang masih tertimbun 71 orang," kata Josef dalam konferensi pers yang digelar virtual.

Secara keseluruhan, ada lima kabupaten dan satu kota yang berada di Nusa Tenggara Timur terkena imbas cuaca buruk.

Pertama, wilayah yang terkena dampak adalah sejumlah desa dan kecamatan yang berada di Kabupaten Flores Timur. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut ada delapan desa di empat kecamatan yang disapu banjir bandang.

Kedelapan desa tersebut yaitu Desa Nelemadike dan Nelemawangi (Kecamatan Ile Boleng). Kemudian, Desa Waiburak dan Kelurahan Waiwerang (Kecamatan Adonara Timur), Desa Oyang Barang dan Pandai (Kecamatan Wotan Ulu Mado), dan Desa Duwanur, Waiwadan dan Daniboa (Kecamatan Adonara Barat).

Kedua yakni ada di Kabupaten Sumba Timur. Banjir terjadi di empat kecamatan yang ada di kabupaten ini, yaitu Kecamatan Kambera, Pandawai, Karera dan Wulawujelu. Ketiga yaitu Kota Kupang, yang merupakan ibu kota NTT juga dirundung bencana. Angin kencang disertai longsor, banjir rob, hingga gelombang pasang terjadi di wilayah ini.

Daerah selanjutnya atau keempat berada di Kabupaten Lembata. Beberapa lokasi terdampak yaitu Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur yang termasuk di dalamnya Desa Waowala, Tanjung Batu, Amakala, Jontona, Lamawolo dan Waimatan.

Wilayah terakhir yang mengalami bencana di NTT yakni berada di Kabupaten Malaka Tengah dan Ngada. Sejumlah akses di wilayah ini terputus dan terjadi pemadaman listrik hingga internet.

Selian korban jiwa, kerusakan yang belum terdata juga menjadi salah satu imbas akibat banjir bandang ini. Disebutkan ratusan rumah tenggelam dan hanyut terbawa arus, beberapa jembatan juga terputusa hingga tak bisa digunakan.

Hal ini jugalah yang menyebabkan akaes ke lokasi bencana cukup sulit dijangkau. Meski begitu, saat ini Kepala BNPB, Doni Monardo dan sejumlah tim dari lintas kementerian telah mendatangi NTT untuk melihat dan melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir bandang tersebut.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena, meminta pemerintah segera menetapkan peristiwa banjir bandang di wilayah ini sebagai bencana nasional.

"Karena itu, penting untuk segera ditetapkan menjadi bencana nasional agar pemerintah pusat turun tangan penuh mengendalikan bencana di NTT bersama Pemprov NTT dan pemda se-kabupaten atau kota di NTT," kata Melki kepada CNNIndonesia.com kemarin.

Topik : banjir bandang , NTT , pray for NTT , flores , korban jiwa

Artikel Terkait
Terpopuler