Jum'at, 26/04/2024 18:32 WIB WIB

Hebat, Anthony Ginting Lolos Perempat Final Olimpiade Tokyo

Hebat, Anthony Ginting Lolos Perempat Final Olimpiade Tokyo Foto : tribun


Atlet bulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, Kanta Tsuneyama, di babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020. Dalam pertandingan di Musashino Forest Sport Plaza, Jepang, Kamis, 29 Juli 2021, Ginting menang dua game dengan skor 21-18, 21-14. 

Kemenenang ini memastikan Ginting melaju ke babak perempat final Olimpiade. “Saya merasa sangat senang dengan penampilan saya malam ini, jadi saya harap saya juga bisa bermain dengan baik, besok. Saya mencoba untuk tetap fokus dan menikmati setiap momen di sini," ujar Ginting dikutip dari BWF Badminton.

Pebulu tangkis nomor lima dunia itu meneruskan, "Saya mencoba memberikan yang terbaik di setiap pertandingan, setiap poin. Setelah ini saya akan berbicara dengan pelatih saya tentang pertandingan hari ini dan mencoba mempersiapkan diri untuk besok."

Laga di babak 16 besar berlangsung sengit sejak awal. Game pertama berhasil direbut Ginting dengan skor 21-18. Di gim kedua, ia berhasil keluar dari tekanan Tsuneyama dan mendominasi permainan dengan bermain lebih sabar. Hasilnya, ia bisa unggul 21-14 di gim kedua dan mengunci kemenangan atas wakil tuan rumah.

Peluang Ginting meraih medali emas di sektor tunggal putra terbuka lebar usai
unggulan pertama di Olimpiade Tokyo, Kento Momota, tersingkir di babak penyisihan grup. Tunggal putra nomor satu dunia asal Jepang itu kelabakan meladeni permainan atlet Korea Selatan, Heo Kwanghee dengan skor 21-15, 21-19.

Menanggapi kekalahan salah satu rivalnya tersebut, Ginting berujar, “Itu normal, saya pikir. Ini adalah turnamen. Semua orang bisa kalah, semua orang bisa menang. Tidak ada yang bisa memastikan bahwa dia akan menang. Jadi tentu saja setiap pemain harus mengendalikan perasaan dan pikiran mereka dengan baik. Saya pikir itu sial bagi Momota kemarin."

Dengan hasil ini, Anthony Ginting berhasil meneruskan tren kemenangan yang didapat dua wakil di nomor ganda, yaitu Greysia Polii / Apriyani Rahayu dan Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan. Hari ini, dua wakil Indonesia mengamankan satu tempat di babak semifinal cabang bulu tangkis.

Adapun langkah unggulan pertama di nomor ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon harus terhenti usai kekalahan dari wakil Malaysia, Aaron Chia / Soh Wooi Yik. Sedangkan di nomor tunggal putri Olimpiade Tokyo, Gregoria Mariska Tunjung kalah di tangan wakil Thailand, Ratchanok Intanton.

Topik :

Artikel Terkait
Terpopuler