Sabtu, 18/09/2021 13:50 WIB WIB

Peringatan Iklim, Joe Biden : Jakarta terancam tenggelam dalam 10 tahun mendatang

Peringatan Iklim, Joe Biden : Jakarta terancam tenggelam dalam 10 tahun mendatang Foto : reuters


Presiden Amerika Serikat Joe Biden memperingatkan ibu kota Indonesia. Pernyataan itu diungkapkan Biden saat berbicara tentang perubahan iklim di kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat pada Selasa, 27 Juli 2021.

Dia mengatakan, ancaman terbesar saat ini adalah perubahan iklim. “Saya tidak akan pernah melupakan pertama kali saya terjun ke tangki sebagai Wakil Presiden setelah saya terpilih. Departemen Pertahanan mengatakan ancaman terbesar yang dihadapi Amerika adalah perubahan iklim,” kata Joe Biden.

Dia melanjutkan, jika permukaan air laut naik dua setengah kaki lagi, maka akan ada jutaan orang yang bermigrasi memperebutkan tanah yang subur. "Anda lihat apa yang terjadi di Afrika Utara. Apa yang membuat kita menganggap ini tidak penting? Itu bukan tanggung jawab Anda, tetapi itu adalah sesuatu yang dilihat karena tahu apa yang akan terjadi," kata Biden.

Menurut Joe Biden, di Afrika Utara yang penduduknya banyak beragama Islam, ribuan orang saling membunuh demi sebidang tanah subur. “Orang-orang yang beragama Islam, dan satu-satunya perbedaan adalah hitam dan atau Arab, saling membunuh ribuan orang demi tanah subur," ujarnya.

Setelah itu, Joe Biden menyinggung pemerintah Indonesia yang memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Kalimantan, karena permukaan air terus naik. "Tapi apa jadinya, apa jadinya di Indonesia kalau proyeksinya tepat, 10 tahun ke depan mungkin ibu kota harus pindah karena akan berada di bawah air?” kata dia.

Topik :

Artikel Terkait
Terpopuler