Jum'at, 29/03/2024 04:42 WIB WIB

OPPO Ramaikan Milan Fashion Week Buat Instalasi `Bamboo Ring` Karya Arsitek Jepang

OPPO Ramaikan Milan Fashion Week Buat Instalasi `Bamboo Ring` Karya Arsitek Jepang Foto : google


OPPO ikut meramaikan event Milan Design Week dengan menciptakan instalasi Bamboo Ring Weaving a Symphony of Lightness and Form. Perusahaan brand smartphone internasional ini menggandeng arsitek terkenal Jepang, Kengo Kuma.

Karya seni bertajuk `Creative Connection` ini menggabungkan arsitektur dengan musik, inovasi desain, teknologi, dan user experience, untuk memberikan sensasi akan waktu dan ruang. Instalasi ini akan dipajang di halaman Cortile dei Bagni, Milan selama pelaksanaan Milan Design Week hingga tanggal 19 September.

Head of OPPO London Design Centre Jintong Zhu mengatakan, Struktur instalasi yang menyerupai anyaman ini dibuat dari bambu berbentuk cincin dan serat karbon, serta dapat menjadi sebuah instrumen yang menciptakan pengalaman sensori yang unik saat dipadukan dengan musik.

Dikatakan Jintong, hal ini tercipta berkat teknologi suara struktural yang dikembangkan oleh OPPO London Design Centre. Teknologi inovatif ini termasuk meliputi haptic motor, strip speaker MEMS, dan exciter yang saling berpadu untuk menghasilkan suara yang mendalam dan frekuensi tinggi yang dapat menggemakan bambu dengan vibrato Biola dan efek instrumen perkusi.

"Kami sungguh senang dapat bermitra lagi dengan Kengo Kuma, arsitek ternama yang mampu memadukan alam dan budaya. Bersama-sama, kami menunjukkan bahwa teknologi dan desain dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berdasarkan pada prinsip filosofi kami yaitu ` Technology as an Art Form ` dan misi kami ` Technology for Mankind, Being Kind to the World `," terang Jintong Zhu dalam keterangan tertulis, Minggu (12/9/2021).

"Karya seni ini merupakan salah satu eksplorasi perpaduan ritme dan nada baru dalam arsitektur yang menyajikan pengalaman visual dan akustik untuk para pengunjung," jelas Kengo.

Bamboo Ring mengeksplorasi hubungan harmonis antara manusia dan alam melalui penggambaran struktur ringan dan kuat yang terbuat dari bambu dan serat karbon. Karya seni ini juga mampu memukau para pengunjung yang melihatkan berkat adanya aransemen musik orkestra yang diciptakan oleh pemain biola ternama asal Jepang bernama Midori Komachi dan Musicity.

Komposisi musik ini terinspirasi dari siklus musim yang berbalur dengan bentuk unik Bamboo Ring, mendorong pengunjung untuk melihatnya dari berbagai sudut pandang dan terkesima oleh keindahan narasi auralnya. Alunan suara biola yang dimainkan Midori ini dikombinasikan dengan suara-suara yang disuguhkan oleh aplikasi O Relax besutan OPPO.

Sebagai informasi, O Relax merupakan salah satu fitur yang ada pada OPPO Reno6 Series 5G. Fitur ini merupakan sebuah aplikasi kesehatan digital dari OPPO yang dapat memberikan ketenangan jiwa dengan berbagai pilihan suara suasana alam dan perkotaan yang direkam dari berbagai lokasi di seluruh dunia, termasuk Reykjavik, Beijing, dan Tokyo.

Nantinya, usai ajang Milan Design Week digelar, OPPO akan mendonasikan Bamboo Ring untuk Arte Sella Park, sebuah museum seni kontemporer di Trentino, Italia. Arte Stella Park memiliki pameran outdoor dengan berbagai karya seni yang terbuat dari bahan-bahan alami dan terinspirasi dari Pegunungan Sella Valley yang mengelilinginya.

 

Topik :

Artikel Terkait
Terpopuler