Selasa, 19/03/2024 09:32 WIB WIB

Jokowi Didesak Tanggapi Soal Polemik TWK, Mahfud MD : Biar Ditanggapi Presiden

Jokowi Didesak Tanggapi Soal Polemik TWK, Mahfud MD : Biar Ditanggapi Presiden Foto : antara


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md enggan mengomentari permintaan sejumlah pihak yang meminta Presiden Joko Widodo turun tangan soal polemik tes wawasan kebangsaan (TWK). "Ya nanti biar ditanggapi oleh Presiden," ujar Mahfud di Gedung Badan Reserse Kriminal Polri, Jakarta Selatan pada Kamis, 16 September 2021.

Sementara itu, Jokowi menyatakan bahwa yang berwenang menjawab persoalan TWK adalah pejabat pembina, dalam hal ini misalnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

"Jangan apa-apa ditarik ke Presiden. Ini adalah sopan-santun ketatanegaraan. Saya harus hormati proses hukum yang sedang berjalan," kata Jokowi, Rabu kemarin, 15 September 2021. 

Peneliti Indonesia Corruption Watch, Kurnia Ramadhana, telah meminta Jokowi mengagendakan pertemuan dengan Ombudsman dan Komnas HAM.  “Sebab jika tidak, ICW khawatir ada kelompok lain yang menyelinap dan memberikan informasi keliru kepada Presiden terkait isu KPK,” kata Kurnia dalam keterangannya hari ini.

Menurut Kurnia ada sejumlah konsekuensi serius jika Jokowi tetap menganggap TWK sebagai urusan administrasi kepegawaian semata dan mengembalikan kewenangan kepada KPK sepenuhnya. Namun Mahfud Md tidak bersedia menanggapi pernyataan mereka.

Topik :

Artikel Terkait
Terpopuler