Jum'at, 26/04/2024 09:34 WIB WIB

Kabel Bawah Laut Putus, Telkom Akan Beri Ganti Rugi Untuk Pelangan

Kabel Bawah Laut Putus, Telkom Akan Beri Ganti Rugi Untuk Pelangan


Minggu ini banyak konsumen IndiHome dan Telkomsel mengeluhkan layanan akibat gangguan kabel bawah laut Jasuka. Buntutnya ada ganti rugi dari Telkom. Rentetan kejadian akibat kabel Jasuka ini menjadi perhatian masyarakat sepanjang minggu. Inilah runutan kejadiannya dihimpun detikINET, Sabtu (25/9/2021).

1. Netizen teriak IndiHome-Telkomsel down
Kehebohan diawali pada Minggu, 19 September 2021. Netizen ramai-ramai mengeluhkan koneksi IndiHome dan Telkomsel down. Alhasil, topik "IndiHome" dan "Telkomsel" jadi trending topic di lini masa media sosial Twitter.

Berdasarkan pantauan detikINET di lini masa, netizen mengaku kesulitan untuk berselancar di internet, bahkan di antara mereka sampai tidak bisa mengakses layanan sama sekali.

Indihome melalu story Instagramnya mengakui sedang ada gangguan jaringan. Mereka pun melakukan perbaikan. Namun tampaknya kali ini masalahnya cukup serius: kabel bawah laut terganggu.

Netizen Ramai Keluhkan Koneksi IndiHome-Telkomsel
Telkom menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi pada layanan IndiHome ini karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut (SKKL) di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam - Pontianak.

Gangguan tersebut terjadi pada Minggu mulai sekitar pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

"Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini," ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza kepada detikINET.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan yang terjadi pada kabel laut Jasuka tersebut. Telkom menyebutkan saat ini gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

2. Apa itu kabel bawah laut Jasuka?
Mendengar penjelasan resmi Telkom, konsumen pun bertanya-tanya, apa itu kabel bawah laut Jasuka? Jasuka merupakan singkatan dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Submarine Cable Map, Telkom membangun jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jasuka sepanjang 10.860 kilometer.

Jaringan fiber optik tersebut menghubungi sejumlah kota di Jasuka, mulai dari Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantu Prapat, Sibolga, Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Tebing Tinggi, dan Bandar Bukit Tinggi yang ada di Malaysia.

SKKL Jasuka ini mulai digelar Telkom sejak tahun 2006. Menurut Telkom, Jasuka merupakan salah satu jalur kabel laut terpanjang di dunia. Adapun, jalur kabel laut ini terdiri dari empat kanal 40G dengan kapasitas daya tampung hingga 16 kali lipat dari jalur konvensional.

Jasuka pun jadi pengetahuan baru masyarakat. Bahkan sempat beredar beberapa hoax terkait kabel bawah laut Jasuka, antara lain video hoax `kiamat internet` 6 hari karena perbaikan kabel bawah laut Jasuka.

Ada lagi video viral TikTok yang menyebutkan kabel Jasuka digigit hiu. Namun ternyata, itu adalah kejadian tahun 2014 dimana hiu menggigit kabel fiber optik milik Google, bukan kejadian di Indonesia.

Topik :

Artikel Terkait
Terpopuler