Minggu, 26/06/2022 08:58 WIB WIB

Bangkitkan Kembali Energi Gotong Royong

Bangkitkan Kembali Energi Gotong Royong Presiden RI ke-5 Prof. Dr (HC) Megawati Soekarnoputri


Lider IndonesiaSatu - Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri mengatakan perlunya membangkitkan energi gotong royong di kalangan masyarakat Indonesia.pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. 

Mengangkat tema peringatan 1 juni 2022, "Bangkit Bersama Membangun Peradaman Dunia" sebagaimana disampaikan Megawati dalam seminar nasional yang di gagas Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB), bertajuk, " Membumikan ide dan gagasan Soekarno-Hatta" yang di pantau melalui kanal Yutube Untirta official di Jakarta.  Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu mengingatkan gotong royong dalam menyongsong peradaban dunia yang memiliki makna ke dalam dan ke luar.

"Tema hari lahir Pancasila pada tahun 2022 ini adalah, Bangkit bersmama menyambut peradaban dunia. Dalam perspektif ideologis, kebangkitan yang dimaksudkan di sini adalah kebangkitan kembali suatu energi gotong royong sebagai suatu saripati dari pancasila, tegas Megawati.

Semangat gotong royong, menurut Megawati perlu senantiasa dibangkitkan oleh seluruh masyarakat, karena merupakan salah satu implementasi dari pancasila yang  ke dalam dapat membuat Indonesia keluar dari berbagai persoalan seperti pandemi Covid 19. Begitu juga ke dunia.

"Tema Kebangkitan ini juga akan bergerak ke luar untuk membangun peradaban dunia, sebab pancasila dalam keseluruhan substansi yang disampaikan bung Karno bukan hanya berfungsi sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia, melainkan juga pendangan bangsa Indonesia terhadap dunia, jelas Ketua BPIP itu. (fn)

Topik : Energi Gotong Royong

Artikel Terkait
Terpopuler