Kamis, 06/10/2022 08:55 WIB WIB

Tontonan Pasukan China Bisa Mengucilkan Taiwan

Tontonan Pasukan China Bisa Mengucilkan Taiwan Taiwan, pasca kunjungan Nancy Pelosi


Lider.id: Tontonan 72 jam kapal perang, rudal, dan jet tempur China yang mengepung Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengancam  menumpas pembangkangan internasional terhadap klaim China atas negara kepulauan yang diperintah secara demokratis itu.

Morning Briefing New York Times melaporkan sikap pemerintah RRT dengan tampilan militer China mungkin membuat politisi Barat seperti Ketua DPR Nancy Pelosi enggan mengunjungi Taiwan, itu juga mempersempit harapan untuk memenangkan pulau itu melalui negosiasi dan meningkatkan risiko konflik.

Ilmuawan politik Akademia Sinica Taipei, Taiwan Wu Jieh-min, mengatakan reaksi pemerintah China merugikan china  “Daya tarik wortel dalam kebijakan Taiwan China – bujukan ekonomi – kini telah jatuh ke titik terendah sejak akhir Perang Dingin,”

Di Taiwan yang semakin demokratis, hanya sedikit yang melihat diri mereka sebagai warga negara China masa depan. Jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar negara menginginkan beberapa versi status quo yang ambigu, bukan penyatuan dengan persyaratan China.

Taiwan tidak pernah diperintah oleh Partai Komunis, tetapi Beijing menyatakan bahwa secara historis dan legal adalah bagian dari wilayah Tiongkok. Sejak akhir 1970-an, para pemimpin China telah mencoba membujuk Taiwan untuk bersatu di bawah kerangka kerja “satu negara, dua sistem”.

pemimpin China Xi Jinping, diliputi kekhawatiran tentang ancaman yang dirasakan terhadap pemerintahannya dan kontrol Partai Komunis. Menurut buku teks terbaru yang menjelaskan visi Xi, penentang klaim China atas Taiwan merupakan “hambatan terbesar untuk penyatuan tanah air.”

Topik : hubungan china - As pasca kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan

Artikel Terkait
Terpopuler