Rabu, 08/02/2023 11:30 WIB WIB

LIZ TRUSS MENGUNDURKAN DIRI

LIZ TRUSS MENGUNDURKAN DIRI Liz Truss di depan Kediaman PM Inggris Downing Street 10


Lider : Jakarta - Di depan Downing street No. 10, PM Inggris Liz Truss menumumkan pengunduran dirinya , "Saya tidak bisa menyampaikan mandat yang saya pilih," kata Truss di London, 20/10/2022.  

Morning briefing The New York Times melaporkan, Bagi Inggris, ini adalah babak lain dalam gejolak politik yang mengikuti pemungutan suara untuk meninggalkan Uni Eropa  pada tahun 2016. Negara ini akan segera memiliki perdana menteri kelima dalam enam tahun.

Truss akan tetap menjadi pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri sampai penggantinya dipilih, yang diperkirakan akan terjadi minggu depan, tetapi bisa lebih segera setelah terjadi pertarunngan sengit, Senin lalu.

Di antara pesaing yang mungkin menggantikan Truss adalah Rishi Sunak, mantan rektor Menteri Keuangan; Penny Mordaunt, pemimpin majelis rendah Parlemen; dan Ben Wallace menteri pertahanan. Beberapa orang menginginkan Boris Johnson kembali memimpin Inggris meskipun kepergiannya sendiri yang berantakan di Downing Street.

Pound Inggris dan harga obligasi pemerintah naik tipis, tetapi reaksi pasar tidak terdengar. Warga Inggris menyatakan kelegaan dan ketidakpastian atas kepergian Truss karena negara itu menghadapi banyak krisis. Partai Buruh oposisi menyerukan pemilihan umum.

Kelangsungan hidup politik Truss menjadi lemah setelah proposalnya untuk pemotongan pajak yang tidak didanai secara luas menyebabkan gejolak pasar dan membuat nilai pound jatuh. Pengumumannya datang hanya beberapa hari setelah menteri keuangan barunya membalikkan hampir semua pemotongan pajak yang direncanakannya, penolakan keras terhadap kepemimpinannya dan salah satu pembalikan paling dramatis dalam sejarah politik modern Inggris.

Para pemimpin dunia yang diterpa tantangan ekonomi mengamati dengan cermat krisis politik, berharap derita yang dihadapi Truss tidak menjadi pertanda bagi negara lain, tulis kepala biro The NYT di London.

 

Topik : Lizz Truss mengundurkan diri

Artikel Terkait
Terpopuler