Rabu, 08/02/2023 11:04 WIB WIB

Gempa Cianjur Menewaskan Sedikitnya 271 Orang

Gempa Cianjur Menewaskan  Sedikitnya 271 Orang Lokasi Gempa Cianjur


Lider : Jakarta - Para petugas dan relawan masih terus berjuang untuk menemukan korban gempa yang terjadi hari Senin karenaakses ke lokasi yang sangat terbatas yang terhalang menghalangi upaya penyelamatan dan pemadaman listrik.

Informasi dari berbagai Media mainstream dan sosial media, korban tewas hingga Rabu siang telah meningkat menjadi setidaknya 271 tewas dan kemungkinan akan terus meningkat. Banyak dari korban tewas adalah perempuan dan anak-anak di rumah atau sekolah. Lebih dari 150 orang masih hilang. Kemarin, anjing penyelamat mengendus-endus apa yang diperkirakan oleh para pejabat sebagai lusinan orang yang masih terkubur di bawah gundukan tanah berwarna karat.

Puluhan ribu orang mengungsi dari rumah mereka, ribuan rumah hancur dan lebih dari seribu orang terluka  menempati rumah sakit di wlayah tersebut. Bahkan sejumlah orang tampak di rawat di halaman rumah sakit dengan peralatan medis seadanya dengan tenda darurat.

Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan instansi terkait segera menyelamatkan para korban dan memberikan bantuan pendahuluan segera setelah terjadi gempa. Kehadiran Presiden di lokasi bencana 22/11/22 menyampaikan rasa duka cita yang mendalam dan memerintahkan Basarnas dan instansi terkait untuk mencari korban yang masih tertimbun dan memberikan bantuan yang dibutuhkan. 

Gempa yang terjadi menurut BMKG berpusat di Cianjur di kedalaman 10 km menimpa hampir seluruh di wilayah itu. Gempa dengan 5,6 skr itu dirasakan di sejumlah daerah di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. 

Analisis, Indonesia adalah negara yang berada di “Cincin Api,” busur gunung berapi dan garis patahan di sepanjang Cekungan Pasifik. Gempa dapat memicu tanah longsor, yang dapat menjadi bencana besar di negara di mana penggundulan hutan untuk lahan pertanian dan penambangan emas skala kecil ilegal telah berkontribusi pada kondisi tanah yang tidak stabil. fn

Topik : Gempa Cianjur 271 orang tewas

Artikel Terkait
Terpopuler