Senin, 20/05/2024 13:58 WIB WIB

Ketum PDIP Megawati Resmi Duetkan Mahfud MD-Ganjar Pranowo

Ketum PDIP Megawati Resmi Duetkan Mahfud MD-Ganjar Pranowo Ketum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan partai pendukung mengumumkan Mahfud MD sebagai bacawapres yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024. Foto dok/Ant


JAKARTA, Lider.id--Ketua Umum (Ketum) DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan partai pendukung mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Hari ini, Rabu 18 oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10).

Pengumuman bacawapres tersebut dihadiri oleh para ketua umum partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Baca juga: Prihatin Korupsi Kian Marak, Megawati Ingin KPK Lebih Kuat

Di antaranya ketua umum tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo.

Sebelumnya, para ketum parpol pengusung dan pendukung Ganjar mengadakan pertemuan pada Selasa (17/10). Dalam pertemuan tersebut diputusankan sosok cawapres pendamping Ganjar.

Gibran Tetap Kader PDIP

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka masih menjadi kader PDIP.

Hasto pun membantah isu Gibran akan bergabung ke Partai Golkar setelah heboh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memungkinkan kepala daerah berusia di bawah 40 tahun bisa maju menjadi capres-cawapres.

Hasto menegaskan tidak terlalu ambil pusing soal isu yang beredar mengenai Gibran pasca-putusan MK karena PDIP akan fokus memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

"Ya, biasa isu-isu selalu beredar, tetapi kami kan partai yang kokoh," jelas Hasto kepada wartawan, Rabu (18/10). Baca juga: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Sebut Komunikasi dengan Ridwan Kamil Tetap Jalan

Lebih lanjut, Hasto mengatakan dalam waktu dekat dirinya dan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, akan melakukan pertemuan dengan Gibran. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Gibran akan bergabung ke TPN Ganjar-Mahfud.

"Beliau ini kan juga sosok yang mumpuni dan piawai dalam keterampilan komunikasinya sehingga nanti Pak Arsjad, Mbak Puan, kemudian akan berbicara sama Mas Gibran," ucap Hasto.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono memberi kode putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, akan bergabung ke Partai Golkar. Apalagi, Agung mendengar cawapres pendamping Prabowo Subianto akan berasal dari Partai Golkar. Baca juga: Hasto Kristiyanto: Presiden Jokowi Masukkan 7 Nama untuk Tim Pemenangan Ganjar

"Saya mendengar ada komitmen bahwa slot untuk cawapres KIM (Koalisi Indonesia Maju) dari Partai Golkar. Kalaupun bukan dari Golkar, akan `di-Golkar-kan` dulu, bisa melalui AMPI atau ormas hasta karya lainnya," kata Agung dalam keterangannya, Selasa (17/10).

Agung menyatakan apabila cawapres Prabowo bukan kader Golkar maka figur tersebut akan "di-Golkar-kan" terlebih dahulu.

 

 

Topik : Megawati Soekarnoputri , bacawaprwa , bacapres , PDIP , Sekjen , Hasto

Artikel Terkait
Terpopuler