Sabtu, 27/04/2024 13:45 WIB WIB

Capres Ganjar Pranowo Apresiasi Seminar Rakyat Mencari Pemimpin

Capres Ganjar Pranowo Apresiasi Seminar Rakyat Mencari Pemimpin Diketahui, Indonesisatu Foundation menggelar seminar "Rakyat Mencari Pemimpin" yang diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (6/2). Foto dok/Lider/James


JAKARTA, Lider.id--Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengapresisi seminar "Rakyat Mencari Pemimpin" yang diselenggarakan oleh IndoneSatu Foundation di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (6/2).

Capres nomor urut 3 itu tidak hadir secara langsung di lokasi seminar. Namun, dia memberikan sambutan singkatnya melalui video yang ditayangkan sebelum seminar dimulai. Dalam sambutannya, Ganjar mengapresiasi tema "Rakyat Mencari Pemimpin".

Menurut Ganjar, dengan adanya seminar yang menghadirkan para pembicara mumpuni di bidangnya, rakyat bisa dituntun untuk memilih pemimpin yang benar-benar bisa melayani rakyat.

"Rakyat Mencari Pemimin, ini tema menarik karena akan menjadi referensi bagi rakyat dalam mencari pemimpin yang dikehendaki. Hadirnya tokoh pebicara yang sangat mumpuni di bidangnya akan membuka perspektif yang lengkap bagi rakyat," ujar mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Diketahui, Indonesisatu Foundation menggelar seminar "Rakyat Mencari Pemimpin" dengan mengundang tiga pasangan calon presiden-wakil presiden yaitu nomor urut 01 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar, paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai keynote speaker.

Sedangkan para pakar yang diundang dalam seminar ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X (menyoroti Pemimpin dalam Perspektif Budaya Pemimpin Pelayan), Faisal Basri (menyoroti Pemimpin dalam Perspektif Utang dan Kemiskinan), Connie Rahakundini Bakrie (Pemimpin dalam Perspektif Geopolitik, Pertahanan dan Hubungan Antar Bangsa di Era Global Networking Digital), Zulfan Lindan (Pemimpin dalam Perspektif Media Layanan Publik Penjaga Kebenaran), Pontjo Sutowo (Pemimpin dalam Perspektif Bisnis dan Tanggungjawab Sosial), dan Rocky Gerung (Pemimpin dalam Perspektif Faktor Gen Z).

Chairman IndonesiaSatu Foundation, Freddy Ndolu mengatakan, pihaknya mengundang ketiga paslon untuk hadir sebagai keynote speaker. Namun, yang merspons undangan hanya capres nomor urut 3.

"Kami mengundang capres-cawapres untuk memberikan keynote speech, namun hingga tadi malam hanya capres Ganjar yang merespons dengan memberikan sambutan singkat melalui rekaman video," beber Freddy sembari menyampaikan terima kasih atas respons tersebut.

Freddy menjelaskan, seminar Rakyat Mencari Pemimpin menjadi event tahunan dalam rangka mencari pemimpin yang memiliki tiga keutamaan yaitu integritas, profesionalitas dan personalitas.

Ikhtiar mencari pemimpin yang memiliki tiga karakter itu, lanjutnya, didorong oleh kenyataan bahwa bangsa ini hanya mampu menghasilakn penguasa berjubah pejabat.

"Pasca reformasi `98, demokrasi dan demokratisasi yang didambakan telah menghasilkan pemimpin yang integritas, profesionalitas dan personalitas. Namun, setelah lebih dari seperempat abad, bangsa ini terkesan hanya mampu memproduksi penguasa berjubah pejabat, bahkan surplus penguasa, tapi minus bahkan paceklik pemimpiin," beber Fredy.

Padahal, lanjut mantan anggota Dewas RRI ini, yang dibutuhkan rakyat adalah pemimpin yang mau menjadi pelayan rakyat. "Tema Rakyat Mencari Pemimpin adalah satu tema yang sangat strategis dan dalam maknanya. Sebagai jurnalis politik, saya dan kawan-kawan di IndoesiaSau Foundation memiliki tanggung jawab sosial," ujarnya.

"Kehadiran para keynote speaker hari ini sebagai represantasi pemimpin yang memiliki integritas, profesionalitas dan profesionalitas. Kami berharap, seminar Rakyat Mencari Pemimin yang kami gelar hari ini mampu menelorkan sejumlah rekomendasi untuk memberi arah jalan ke depan," tutupnya.

Topik : rakyat , pemimpin , Capres , Ganjar Pranwo , Prabowo

Artikel Terkait
Terpopuler