Jum'at, 29/03/2024 07:01 WIB WIB

BAGAIMANA WHO ORGANISASI KESEHATAN DUNIA DIDANAI

BAGAIMANA WHO ORGANISASI KESEHATAN DUNIA DIDANAI WHO


lider.id 

Kritikus mengeluh tentang peran besar Bill and Melinda Gates Foundation dalam mendanai WHO, tetapi kepada siapa lagi WHO dapat berpaling?

The Bill & Melinda Gates Foundation – yang masih berdiri kokoh meskipun dua pendirinya berpisah setelah 27 tahun menikah – mengatakan bulan lalu bahwa “tidak tepat” bagi badan amal untuk mengambil peran sebesar itu dalam mendanai Organisasi Kesehatan Dunia.

Selama bertahun-tahun, miliarder dermawan telah menjadi donor terbesar kedua WHO, membuat badan kesehatan tersebut sangat bergantung pada dukungan mereka untuk tetap berfungsi.

Pakar kesehatan global mengatakan bahwa akan memberi Gates pengaruh yang sangat besar dan mendominasi masalah pendanaan kronis yang dihadapi WHO bahkan ketika menghadapi lebih banyak krisis kesehatan.

“WHO memiliki anggaran tahunan seperempat dari anggaran Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS,” kata Lawrence Gostin, Direktur Kolaborasi WHO. Pusat Hukum Kesehatan Nasional dan Global.

Bagaimana WHO didanai?

WHO mendapatkan dana dari negara anggota yang membayar iuran keanggotaan, di tambah sumbangan sukarela tambahan dari negara anggota dan mitra lain seperti Bill & Melinda Gates Foundation.

Negara-negara anggota membayar apa yang disebut "kontribusi yang dinilai", persentase dari PDB suatu negara yang disepakati setiap dua tahun di Majelis Kesehatan Dunia. Biasanya, jumlah ini mencakup kurang dari 20 persen dari total anggaran WHO.

Itu berarti lebih dari 80 persen pendanaan WHO bergantung pada “kontribusi sukarela”, yang berarti sejumlah uang yang diberikan secara cuma-cuma oleh donor, baik negara anggota, LSM, organisasi filantropi, atau entitas swasta lainnya.

Kontribusi sukarela ini biasanya dialokasikan untuk proyek atau penyakit tertentu, yang berarti WHO tidak dapat dengan bebas memutuskan bagaimana menggunakannya.

“Saat ini, WHO hanya memiliki kendali penuh atas sekitar seperempat dari anggarannya,” kata Gostin.

“Oleh karena itu WHO tidak dapat menetapkan agenda kesehatan global dan harus melakukan penawaran dari donor kaya, tidak hanya negara kaya di Eropa dan Amerika Utara, tetapi juga filantropi kaya seperti Gates Foundation”.

Meskipun Gostin “pasti” menginginkan Yayasan untuk tetap mendanai WHO, dia berpendapat badan kesehatan harus dapat menggunakan dana tersebut “atas kebijakannya sendiri untuk masalah yang menurut Direktur Jenderal paling penting di dunia”.

Walaupun bentuk anggaran total WHO telah berubah selama bertahun-tahun, Gates Foundation secara konsisten tetap menjadi kontributor utamanya.

Pada 2018-2019, Amerika Serikat adalah donor terbesar dengan $893 juta, terhitung sekitar 15 persen dari anggaran WHO. The Gates Foundation berada di urutan kedua, dengan $531 juta.

Jerman secara singkat mengambil alih AS sebagai donor terbesar pada 2020-2021 selama pemotongan dana di era Trump, tetapi Foundation mempertahankan posisi kedua. Donor top lainnya termasuk Inggris dan Komisi Eropa.

Kelley Lee, seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas Simon Fraser yang menulis buku tentang WHO, mengatakan bahwa badan tersebut mengalami "kekurangan sumber daya yang kronis" yang menghambat kemampuannya untuk berhasil memenuhi mandat aslinya.

Dia menjelaskan bahwa situasinya menjadi "jauh lebih buruk" ketika negara-negara anggota memutuskan untuk membekukan kontribusi mereka pada tahun 1980-an dan 1990-an.

“Ini berarti anggaran dua tahunan WHO semakin menipis dari waktu ke waktu. Menjelang pandemi COVID-19, WHO memangkas staf dan kegiatan termasuk kapasitasnya untuk menanggapi keadaan darurat kesehatan” katanya.

“WHO kemudian harus memanggil komunitas global untuk sumber daya yang dibutuhkan untuk memerangi pandemi. Ini seperti membangun stasiun pemadam kebakaran ketika terjadi kebakaran”.

Sebagai akibat dari pembekuan sebagian anggarannya, WHO semakin bergantung pada sumbangan sukarela, yang bagiannya meningkat dari sekitar seperempat dari total anggaran pada tahun 1970-an menjadi sekitar 80 persen saat ini.

Bagaimana dana digunakan?

Sebagian besar dari kontribusi sukarela ini "ditentukan" - artinya mereka terikat dengan program atau kampanye kesehatan tertentu di bagian dunia tertentu dan diberikan kerangka waktu yang terperinci untuk dibelanjakan.

Pemberantasan polio, misalnya, telah lama menjadi program terbaik yang didanai WHO, terutama karena sebagian besar kontribusi Gates Foundation diarahkan untuk tujuan tersebut.

Tetapi fokus pada penyakit tertentu secara historis membuat WHO benar-benar meminta pendanaan untuk tujuan lain, seperti mempromosikan cakupan kesehatan universal di negara-negara miskin atau mempersiapkan dunia untuk pandemi berikutnya.

WHO sendiri telah lama menyesalkan kurangnya pendanaan yang fleksibel dan andal yang memungkinkannya menanggapi keadaan darurat kesehatan dengan cepat.

 

Apakah Bill & Melinda Gates Foundation berperan terlalu besar?

Lee mengatakan besarnya dana dari Gates Foundation membahayakan independensi WHO.

"`Dia yang membayar peniup seruling lalu memainkan lagunya sendiri" katanya.

“The Gates Foundation sangat penting untuk memajukan kesehatan global di banyak bidang. Dana besar yang disediakan oleh Yayasan tidak diragukan lagi telah melakukan banyak hal baik di seluruh dunia dan diapresiasi.”

“Tetapi ada juga pertanyaan penting yang harus diajukan tentang tata kelola yang baik termasuk akuntabilitas, keterwakilan, dan legitimasi memiliki satu yayasan menjadi sangat berpengaruh. Sistem saat ini terus terang tidak demokratis”.

“Mereka harus lebih transparan dalam memutuskan ke mana dana mereka akan dibelanjakan. Mereka perlu mengkritik diri sendiri tentang jangka pendek, penyimpangan prioritas, efek tak terduga dari pendanaan satu masalah di atas yang lain, dan upaya kesehatan global yang terkurung. Mereka harus ingin menjadi bagian dari solusi atas fragmentasi tata kelola kesehatan global, dan bukan bagian dari masalah”.

“Tidak tepat bagi filantropi swasta untuk menjadi salah satu penyandang dana terbesar dari upaya kesehatan global multinasional,” kata kepala eksekutif yayasan tersebut Mark Suzman bulan lalu dalam surat tahunannya.

“Tapi jangan salah - di mana ada solusi yang dapat meningkatkan mata pencaharian dan menyelamatkan nyawa, kami akan terus mengadvokasinya. Kami tidak akan berhenti menggunakan pengaruh kami, bersama dengan komitmen moneter kami, untuk mencari solusi”.

Suzman mengatakan tujuan dana tersebut bukan untuk mengatur agenda WHO atau kelompok kesehatan global lainnya, tetapi untuk memberi mereka pilihan dan data yang lebih baik untuk membantu menginformasikan keputusan mereka.

Bagaimana seharusnya WHO didanai?

Terserah negara untuk meningkatkan upaya mereka untuk membiayai WHO, kata Suzman. Tahun lalu, negara-negara anggota WHO sepakat untuk meningkatkan kontribusi mereka.

Gostin juga menyarankan masalah pendanaan WHO dapat diselesaikan dengan menaikkan iuran wajib mereka.

“Negara-negara anggota harus menginginkan WHO berhasil. Dan WHO hanya bisa berhasil jika memiliki dana yang cukup dan berkelanjutan,” katanya.

Lee berpendapat bahwa meskipun penting bagi WHO untuk menerima lebih banyak dana, dari mana uang ini berasal juga sama pentingnya.

“Kita harus mulai dengan diskusi jujur tentang apa yang kita butuhkan dari organisasi kesehatan global sejati di abad ke-21. WHO dirancang untuk periode pascaperang pada pertengahan abad ke-20. Dunia telah banyak berubah sejak itu.”katanya.

Bagi Lee, inilah saatnya untuk bertanya pada diri sendiri badan kesehatan global seperti apa yang kita butuhkan di dunia pasca-pandemi: “Undang-undang, badan pembuat keputusan, mekanisme penegakan, dan pendanaan apa yang kita perlukan agar kita semua tetap aman dan sehat? Kekuatan apa yang dibutuhkan organisasi kesehatan global ini untuk melakukan tugasnya?”

Dia berargumen bahwa WHO perlu menghentikan ketergantungannya pada kontribusi sukarela dan sebaliknya harus didanai melalui berbagai pajak yang dirancang untuk mendanai dunia yang lebih sehat dan bebas pandemi.

“Bagaimanapun, itu akan menjadi kepentingan mereka, dan kepentingan kita semua, untuk mencegah jenis gangguan skala besar yang telah kita lihat selama tiga tahun terakhir. Itu akan menghabiskan uang dengan baik”. BH

 

 

 

Topik : BAGAIMANA WHO ORGANISASI KESEHATAN DUNIA DIDANAI

Artikel Terkait
Terpopuler