Kamis, 06/10/2022 07:09 WIB WIB

Perang Rusia vs Ukraina Sudah 6 Bulan

Perang Rusia vs Ukraina Sudah 6 Bulan Foto Daniel Berehulak NY Times : Sekolah di wilayah Mykolaiv hancur akibat perang Rusia vs Ukraina 6 bulan terakhir.


Lider.id: Jakarta - Perang darat terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II telah menebar kengerian selama enam bulan. Kerugian militer sangat besar bagi kedua belah pihak, dan korban sipil di Ukraina bisa mencapai puluhan ribu; sekarang ada 6,6 juta pengungsi akibat perang di seluruh Eropa.

Morning briefing New York Times melaporkan bahwa peringatan itu jatuh pada Hari Kemerdekaan Ukraina , yang dirayakan masyarakat negara itu dengan tenang, tapi pada waktu yang sama, serangan rudal di stasiun kereta api di Ukraina tengah menewaskan sedikitnya 15 orang, tetapi eskalasi serangan yang dikhawatirkan oleh Moskow tidak segera terwujud.

Presiden Rusia Vladimir Putin saat ini menguasai sekitar 20 persen Ukraina. ingin membawa wilayah yang di kuasai kembali ke Rusia — Ada sedikit indikasi bahwa dia siap untuk berhenti berjuang, tapi tidak jelas momen seperti apa yang akan dia butuhkan untuk mengakhiri perang. Yang tampak hanyalah kehancuran baik harta benda maupun korban berjatuhan tentara di kedua pihak yang bertikai, terutama kalangan sipil di Ukraina.  

Presiden Ukraina  Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Ukraina adalah negara yang "dilahirkan kembali" dalam konflik dengan rasa identitas budaya dan politik yang diperbarui, yang sekarang sepenuhnya terpisah dari Rusia, dan telah menyatukan demokrasi di seluruh dunia dengan tujuan baru. "Setiap hari baru adalah alasan baru untuk tidak menyerah," katanya.

Setelah setengah tahun perang, Rusia sangat berbeda dan secara mengejutkan tidak berubah. Regim Putin telah membungkam sebagian besar perbedaan pendapat, dan banyak orang Rusia dapat mengabaikan perang, karena Putin telah menolak seruan untuk menempatkan Rusia pada pijakan perang pemerintahnya. Sebagian besar telah berhasil menumpulkan dampak sanksi ekonomi.

Sementara, Solidaritas Eropa dengan Ukraina bertahan meskipun ada tekanan signifikan dari biaya sanksi ekonomi, tetapi perang semakin dilihat sebagai perjuangan yang dipimpin Amerika Serikat. Presiden Biden mengumumkan lebih dari 3 milair dolar yang sebagian besar dalam bentuk persenjataan dan peralatan perang untuk Ukraina.

 

 

Topik : 6 bulan peprang Rusia vs Ukraina

Artikel Terkait
Terpopuler