Kamis, 09/05/2024 12:45 WIB WIB

Debat Perdana Capres, Mahfud MD Puji Penampilan Ganjar

Debat Perdana Capres, Mahfud MD Puji Penampilan Ganjar Cawapres Mahfud MD mengaku puas dengan Ganjar yang tampil maksimal dan menjawab pertanyaan dengan lugas. Foto dok/istimewa


JAKARTA, Lider.id--Debat perdana yang berlangsung di Kantor KPU, Selasa (12/12) berlangsung lancar. Para kandidat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka agar rakyat memilih mereka.

Terkait panampilan capres Ganjar Pranowo, cawapres Mahfud MD mengaku puas dengan Ganjar yang maksimal dan menjawab pertanyaan dengan lugas. Baca juga: KPU Hilangkan Debat Cawapres, Timnas AMIN: Kita Jangan Sampai Beli Kucing dalam Karung

“Ya saya kira sama lah dengan penilaian masyarakat, 95 persen dari seluruh persoalan yang ditanyakan kepada paslon 3 saya kira terjawab dengan baik dan persis dengan ketentuan perundang-undangan dan situasi sosial politik,” ujar Mahfud kepada media usai pelaksanaan debat.

Mahfud juga menanggapi perihal namanya yang berulang kali disebut oleh calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto. Nama Mahfud muncul saat Prabowo menjawab pertanyaan Ganjar mengenai sikap Menteri Pertahanan itu soal penegakan HAM di Indonesia.

Mahfud mengatakan jawaban Prabowo justru menjadi poin lebih untuk pasangan Ganjar-Mahfud. “Iya, justru tanggap saya justru sejak tahun 29 tidak ada yang mengerjakan, yang mengerjakan baru saya kan,” ujarnya.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu justru mengatakan bahwa apa yang sudah dia lakukan dalam penyelesaian persoalan HAM mendapat apresiasi dari masyarakat dunia. Baca juga: Ketum PDIP Megawati Resmi Duetkan Mahfud MD-Ganjar Pranowo

Ia menyebut Indonesia mendapat pujian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam penyelesaian persoalan HAM. Persoalan penegakan HAM ini, kata dia, akan menjadi lebih mudah diteruskan bila Ganjar yang terpilih menjadi presiden.

Dalam debat perdana itu, Ganjar memang tampil maksimal. Pada sesi menutup debat, calon presiden nomor urut 3 itu berjanji akan terus mendengar keluh kesah masyarakat.

Ganjar mengatakan, dirinya bersama Mahfud akan terus memberi perhatian kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk kelompok rentan.

Selain itu, Ganjar mengatakan bahwa presiden sebagai pemimpin tertinggi perlu terus menegakkan semangat anti korupsi. Baca juga: KPU Tetapkan Debat Capres-Cawapres Lima Kali

Ia menyebut pemimpin harus menunjukkan integritas dan menghadirkan layanan pemerintah yang mudah dan murah. Selain itu Ganjar mengatakan pemerintah harus menjadi pendengar yang baik.

“Betapa bahagianya rakyat ini bila pemerintah ketika dikritik tidak baperan dan ketika media menulis mereka merasa ini vitamin buat dirinya bukan sedang merongrong apalagi kemudian merasa terancam,” ujar Ganjar.

Topik : debat capres , Cawapres Mahfud , capres Ganjar , Prabowo , Anies

Artikel Terkait
Terpopuler